Aksi “Grebek Sampah” Pemerintah Kabupaten Kediri Tangani Sampah Plastik

Hari Peduli Sampah Nasional 2024 "Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif"

Kediri, Memo
Aksi “Grebek Sampah” sebagai upaya serius Pemerintah Kabupaten Kediri dalam menangani masalah sampah utamanya sampah plastik. Dengan manggandeng sejumlah komunitas seperti Forum Bahasa Kampung Inggris, relawan lingkungan dan para petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kegiatan bertempat di lapangan Desa Tulungrejo Pare, (8/3/2024).

Kegiatan yang mengusung tema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”, merupakan sarana sosialisasi dan edukasi tentang pengelolaan sampah yang dilaksanakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2024 dan sekaligus memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1220.

Untuk menggugah semangat para peserta diawali dengan senam pagi dan dilanjutkan penandatangan komitmen bersama “Kediri Berbudaya Bersih” menuju Kampung Inggris bebas sampah. Kemudian, secara terpisah tim dibagi menjadi beberapa kelompok ada yang membersikan lapangan dan ada yang fokus membersihkan sungai.

Dalam sambutannya membuka acara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti mengatakan jangan sampai kegiatan ini hanya semata-mata sebuah gerakan, tapi bagaimana hal ini dapat menjadi perilaku kita sehari-hari.

Bayangkan saja, lanjut Putut, jumlah penduduk di Kabupaten Kediri 1,6 juta kalau masing-masing menghasilkan sampah setengah kilogram saja maka jumlah sampah yang ada mencapai kurang lebih 800 ton perhari.

“Jadi, mari kita bersama-sama mengatasi masalah sampah, memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, jangan sampai sampah-sampah tersebut dibuang sembarangan apalagi kesungai,” terangnya.

Putut menambahkan, dengan kegiatan ini bagaimana kita dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk berbudaya bersih menuju Kabupaten Kediri dan khususnya Kampung Inggris bebas sampah. ( Adv/Kominfo )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *